DFP 1 Tips Tanaman - Cara Mengusir Monyet dari Ladang Kelapa Sawit. Sitnoolo.blogspot.com | sitnoolo.blogspot.com

Tips Tanaman - Cara Mengusir Monyet dari Ladang Kelapa Sawit. Sitnoolo.blogspot.com

Bawah Judul
inartikel

Bagaimana cara mengusir monyet dari ladang kelapa sawit? Mungkin seperti itulah kira-kira pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para petani. Bukan tanpa sebab mereka begitu tidak menghendaki keberadaan monyet di ladangnya. Salah satu penyebab yang paling mendasari ialah monyet-monyet tersebut gemar menjarah hasil perkebunan kelapa sawit.

mengusir-monyet-dari-ladang.jpg

Monyet adalah sebutan untuk seluruh anggota primata yang bukan kera. Ciri-cirinya yaitu memiliki ekor dan posturnya agak kecil. Monyet merupakan binatang yang pintar, mampu mempelajari suatu hal, dan bisa menggunakan alat untuk membantunya menemukan makanan.

Pengendalian monyet dari ladang kelapa sawit sebaiknya dilakukan dengan metode yang ramah lingkungan. Misalnya pencegahan dan pengusiran monyet agar tidak memasuki area perkebunan tersebut. Hindari penggunaan metode yang dapat menyebabkan monyet mengalami kepunahan, seperti pembunuhan dan pembantaian.

Pengusiran Monyet dari Ladang

Upaya pengusiran monyet dari ladang ini kami temukan dari website Arafuru.com. Pada artikel Cara Unik Mengusir Tikus dari Rumah disebutkan bahwa tikus yang memiliki rupa berbeda akan ditakuti oleh tikus-tikus koloninya. Lantas, kenapa tidak menerapkan metode yang sama saja untuk mengusir monyet?

Caranya tangkaplah beberapa ekor monyet menggunakan perangkap jeruji agar tidak menimbulkan luka apapun. Boleh-boleh saja Anda memakai cara yang lain, tetapi pastikan monyet-monyet yang ditangkap harus dalam kondisi sehat wal afiat. Apa sebab? Karena nantinya kita akan melepaskan lagi monyet tersebut agar masuk kembali ke koloninya.

Setelah monyet-monyet tertangkap, Anda bisa menyemir seluruh tubuhnya menggunakan pilox. Pilihlah warna yang cukup terang dan mampu memberikan kesan garang seperti merah, pink, kuning, putih, biru, atau jingga. Biarkan sejenak supaya pilox tersebut menempel sempurna ke tubuh para monyet. Setelah itu, lepaskan monyet-monyet tadi agar bergabung kembali bersama koloninya.

Prinsip kerja metode ini adalah membuat tampilan monyet berbeda dari kawanannya. Jadi monyet yang telah di-pilox tadi akan menganggap monyet-monyet di koloninya tetap sebagai keluarga sehingga ia akan terus mengikutinya. Sedangkan monyet-monyet lain akan melihat monyet yang di-pilox tadi sebagai musuh lantaran warnanya yang berbeda, mereka pun akan pergi menjauhinya. Cuma karena ada risiko monyet yang di-pilox bakal dikeroyok oleh kawanannya sendiri, makanya Anda perlu menyemir beberapa monyet sekaligus biar jumlah dan kedudukannya seimbang.

Pencegahan Monyet dari Ladang

Pencegahan monyet agar tidak memasuki kebun dan merusak pohon kelapa sawit bisa dilakukan dengan membuat pagar alami maupun buatan. Pagar alami maksudnya pagar tersebut terbuat dari bahan-bahan alami yang dinilai cukup efektif bisa memproteksi areal perkebunan. Sebagai contoh, menanam pohon salak yang rapat mengelilingi ladang bisa menjadi solusi yang cukup ampuh mengingat batang pohon salak ditumbuhi duri yang ditakuti oleh monyet.

Anda juga bisa memanfaatkan kotoran ayam sebagai pelindung ladang. Caranya taburkan kotoran ayam yang masih basah di jalur yang biasa dilalui oleh kawanan monyet. Bau kotoran yang sangat menyengat ini akan mengecoh monyet untuk berpikir kalau ada binatang lain yang menguasai perkebunan tersebut sehingga mereka pun bakal merasa takut memasukinya.

Berkaca pada perkebunan di Amerika Serikat dan Australia, para petani setempat biasanya membuat pagar besi yang kokoh untuk melindungi tanaman budidayanya. Setelah itu, pagar tersebut disisipi dengan kawat yang mampu menghantarkan arus listrik bertenaga tinggi. Kemungkinan besar apabila teknik ini diterapkan di Indonesia akan mengakibatkan banyak monyet yang menjadi korban pada awalnya. Namun setelah beberapa tahun, monyet-monyet pun telah menyesuaikan diri dan bisa mengenali pagar yang berlistrik sehingga akan menghindarinya.

0 Response to " Tips Tanaman - Cara Mengusir Monyet dari Ladang Kelapa Sawit. Sitnoolo.blogspot.com "

Posting Komentar

close
Click here 2X Close X
kode iklan dfp
Selamat Datang